Followers

Pageviews

Friday, October 15, 2010

Bisnis Ikan Hias Kurang Diperhitungkan

Budidaya Ikan Hias
Hobi Ikan Hias - Ikan hias selama ini kurang diperhitungkan untuk menghasilkan devisa. Padahal Indonesia memiliki ribuan jenis ikan hias air tawar yang laku di pasar dunia. Hanya saja karena pengelolaannya dalam skala kecil, kurang terintegrasi, membuat bisnis ikan hias ini kurang diperhitungkan.

Mantan Presiden Megawati mengharapkan pendapatan dari bidang perikanan dapat mengimbangi sektor kehutanan. Bisnis ikan hias diyakini mampu mengimbangi pendapatan sektor alam lainnya mengingat potensi ikan di Indonesia luar biasa.

"Saat ini pemerintah tengah menata kembali hutan karena banyak penyelundupan dan menghadapi masalah lingkungan hidup. Kita harapkan sektor perikanan bisa mengimbangi pendapatan sektor kehutanan," kata Mantan Presiden Megawati saat meresmikan pusat pengembangan dan pemasaran ikan hias, di Cibinong Bogor, Minggu (14/3).

Mutu Produk
Mega mengharapkan cara budi daya ikan hias dapat terus meningkatkan mutu produknya. "Kalau hanya mengandalkan yang sudah ada di laut, biotanya akan mengalami krisis, sehingga diperlukan budidaya."

Ia mengingatkan Indonesia sampai saat ini masih mengalami masalah lingkungan hidup. Ia menyebutkan ada 62 sungai yang sudah sangat kritis dan biota di dalamnya terancam punah.

Sementara itu, Dr Sumpeno Putro, dirjen Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dan Pemasasan Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), mengatakan saat ini ekspor berbagai jenis ikan hias air tawar Indonesia ternyata belum bisa memberikan devisa yang signifikan.

0 comments

Post a Comment